Trimester Tigaku

Alhamdulillah saat ini kehamilan saya sudah memasuki trimester tiga. Selain rasa bahagia menanti kehadiran si utun ganteng dan euphoria mencicil keperluan bayi, saya juga mengalami permasalahan bumil pada umumnya. Mulai dari rasa pegal di pinggang belakang, insomnia hingga gusi berdarah. Pegal dapat mudah teratasi dengan yoga dan olahraga renang, sedangkan untuk mengatasi insomnia, saya membiasakan diri minum segelas susu sebelum tidur dan tidur dengan posisi miring sambil mengganjal perut dengan bantal tipis. Untuk yang muslim, ditambah dzikir akan lebih manjur. Berbeda dengan gusi berdarah. Awalnya saya tidak ambil pusing dengan si gusi ini, tapi lama kelamaan darah yang mengalir mulai mengganggu, apalagi saat saya mulai berpuasa. Tidak hanya di satu tempat, kadang darah mengalir di sela-sela geraham bagian bawah dan bagian atas, tergantung mood si gusi. Padahal, saya sudah minum kalsium yang dilebihkan dikit dari dosis seharusnya. Karena darah yang mengalir cukup banyak dan rasa amisnya sangat menganggu serasa selalu makan ikan mentah, saya mulai berkumur dengan Betadine Obat Kumur. Eh, tapi ternyata di belakang kemasan tertulis “Kontradiksi penyakit tiroid, ibu hamil dan menyusui” Nah loh! Mulailah saya meng-googling sana sini cari informasi tentang penggunaan, bahaya dan efek samping bila digunakan ibu hamil. Beberapa situs kedokteran mengatakan aman, sedangkan lainnya menghindari, tergantung kondisi bumil dan busui tersebut. Sejauh informasi yang saya dapatkan, selama kita tidak memiliki riwayat penyakit tiroid, maka Betadine Obat Kumur aman digunakan bumil dan busui asal pemakaiannya tidak rutin, cukup digunakan ketika ada masalah pada mulut saja. Lagipula, penggunaannya pun bersifat topikal, yaitu dikumur saja. Jangan ditelan ya,ibu-ibu 🙂 Tapi agar lebih yakin, ada baiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum bumil dan busui menggunakan obat ini.

Kenapa saya pilih Betadine Obat Kumur?

Pertama, alasan simpel. Ikut apa kata dokter ;D Seringnya setelah operasi amandel atau ketika pasien ada masalah dengan mulut, resep obat kumur yang diberikan oleh dokter selalu Betadine Obat Kumur, saya jadi lebih percaya Betadine untuk mengatasi setiap permasalahan mulut.

Kedua, mengandung 1% Povidone Iodine yang mampu membunuh bakteri, jamur ,virus dan protozoa penyebab masalah mulut seperti sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, dan bau mulut.

Ketiga, Setelah berkumur, mulut saya tidak kering dan kesat seperti obat kumur lainnya.

Keempat, masalah gusi berdarah saya langsung teratasi seketika itu juga

Kelima, murah. Untuk kemasan yang kecil, harganya hanya Rp.11.500′- saja

Tapi, sekali lagi saya ingatkan, jangan pakai ini setiap hari apalagi dalam jangka panjang. Gunakan hanya kalau sedang ada masalah dengan mulut dan gusi saja, karena di dalam mulut kita sendiri sudah ada bakteri baik yang mampu menjaga kesehatan mulut kita dalam kondisi normal. Walaupun Betadine Obat Kumur ini ampuh banget, tapi saya harus bertahan dengan warnanya yang coklat kemerahan dan baunya yang agak menyegat. Apalagi, buat bumil seperti kita yang sensitif banget dengan bau-bauan. Biasanya setelah saya kumur dengan Betadine obat Kumur ini, saya kumur lagi dengan air biasa. Lumayan menghilangkan bau menyengatnya, malah ada sensasi mulut higienis karena wanginya yang seperti bau rumah sakit. Alhamdulillah, akhirnya selama puasa ini gusi saya bebas masalah dan jauh dari bau mulut. Nah, sekarang saya berjuang lagi nih untuk mengatasi heartburn yang muncul ketika memasuki trimester tiga. Nantikan sharingnya di postingan selanjutnya yaa 🙂

Selamat berpuasa semua, semoga amal ibadah kita diterima olehNya. Aamiin.

2 thoughts on “Trimester Tigaku

  1. Hai Kak, kenalkan saya Pera. Mau nanya, klo dr Wiryawan orangnya informatif gak ya? Atau harus kitanya harus aktif nanya2 baru dijelasin segala macem? Soalnya saya suka bingung mau nanya apa, hehhe. Btw saya jg sama PCOS udah pake obat ga berhasil, rencananya mau insem, dan lagi bingung mau ke dokter siapa. Hehe. Good luck buat lahirannya nanti ya 🙂

    • Hai Pera, kalau konsul dgn dr.Wiryawan harus kitanya yg aktif nanya. Kalau bingung ke dokter siapa, coba aja ke dr.Tono. minta dijelasin tahapan program hamil untuk penderita PCOS apa aja. Semoga berhasil yaa

Leave a Reply

