Dua Strip Merah Terindah

Sembilan hari setelah tindakan inseminasi 2 Desember 2016 dan masa bedrest yang hanya bertahan beberapa hari karena saya tidak betah golepak di kasur lama-lama (jangan dicontoh), akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba test pack. Dalam 9 hari itu, saya sempat mengalami mual 2 hari terakhir, jerawat muncul diseluruh wajah, perut bagian bawah mengencang dan seperti tertusuk, serta payudara mengeras dan sensitif. Karena hampir semua gejala sama dengan tanda mulainya haid, saya tidak berharap banyak.

Sebenarnya, hasil inseminasi baru bisa terlihat setelah 2 minggu atau ketika sudah telat haid, tapi rasa penasaran dan sikap  tidak sabaran saya merajalela, apalagi setelah membaca tulisan di testpack “Tes dapat dilakukan 7 hari setelah berhubungan”. Maka, terjadilah tes di pagi hari yang suami pun tidak tahu. Sebelum tes, saya sudah mempersiapkan mental diri untuk menerima apapun hasilnya karena pasti yang terbaik menurut Allah.

Sekitar pukul 9 pagi, setelah dicelup, strip kehamilan saya letakan begitu saja diatas meja. 1 menit kemudian, hanya ada garis merah 1 strip. Lutut lemas tapi hati tidak terlalu sedih karena sebelumnya sudah mempersiapkan diri. Tapi, 3 menit kemudian saya cek lagi.. kok ada yang berbeda? Muncul garis pink samar di bawahnya, yang semakin lama semakin jelas. Alhamdulillah Ya Allah, semoga ini bukan karena mata saya siwer. Strip itu saya bawa ke bawah sinar lampu. Benar.. 2 garis muncul! 1 merah jelas dan 1 lagi pink samar. Masih belum yakin dengan hasil strip itu, saya browsing cara membaca strip testpack. Ternyata, jika umur kehamilan masih sangat muda sekitar 1-3 minggu, maka kandungan hCg dalam urine masih sangat sedikit, sehingga hasilnya pasti samar. Sebaiknya tes diulang kembali setelah 2-3 hari, walaupun sudah dapat dipastikan kalau positif hamil.

1 garis samar dan 1 garis tebal

1 garis samar dan 1 garis tebal

Alhamdulillah, tak henti-hentinya saya bersyukur kepada Allah. Penantian, ikhtiar, perjuangan, dan doa selama 5 tahun ini membuahkan hasil. Siangnya, saya mengabari suami, antara bahagia tapi tidak mau terlalu bahagia, dia bilang sebaiknya menunggu hasil USG dan kepastian dari dokter agar lebih yakin. Disitulah perbedaan mars dan venus, laut dan gunung, pria dan wanita. Disaat wanita kegirangan dan impulsif, disitulah peran pria untuk berpikir logis dan menahan diri. Ini juga berlaku ketika ada diskon besar-besaran atau saat episode baru drama korea favorit tayang. Sungguh pria dan wanita saling melengkapi. Masha Allah!

Dua hari setelah itu, saya melakukan testpack lagi dan hasilnya tetap sama. 1 strip merah jelas dan 1 strip pink samar. Karena iseng ingin melihat perubahan warna strip per 1-2 hari, akhirnya saya membeli beberapa test pack dari merek yang berbeda-beda sembari menunggu jadwal konsultasi ke dokter. Dan ternyata benar.. warna stripnya berubah dari hari ke hari. Aah.. ini adalah warna gradasi terindah selama seumur hidup saya.

Testpack paling bawah ketika kehamilan berumur 5 minggu

Strip paling bawah ketika kehamilan  5 minggu

Saat tiba jadwal konsultasi, dokter super santai Bpk. Wiryawan melakukan USG transvaginal pada saya dan terlihatlah kantung janin yang super kecil. Sayangnya, janin belum terlihat karena usia kehamilan masih sangat dini. Saya diminta untuk konsultasi lagi setelah 2 minggu dengan harapan janin sudah muncul. Tahun baru 2017 tanggal 2 Januari, saya kembali konsultasi dan USG transvaginal. Alhamdulillah janin saya sudah berdetak. Bingung saat mendengar detak jantung janin antara suara perut kosong lapar berbunyi atau detak si dedek, yang manapun itu..  pokonya saya merasa bahagia, senang, excited dan lega campur aduk jadi satu. Tak henti-hentinya saya mengucap Alhamdulillah berkali-kali saat dokter sedang melakukan USG. Di saat saya ingin lompat-lompat kegirangan sambil tertawa keras bahagia, di sisi lain suami saya terdiam menahan nangis karena haru. Bismillah, semoga kehamilan ini dilancarkan. Aamiin.

kiri: janin sebesar kacang ijo, kanan: detak jantung

kiri: janin sebesar kacang ijo, kanan: detak jantung

Beberapa tips bagi teman-teman yang memiliki PCOS dan berencana akan melakukan inseminasi:

  1. Makan hanya makanan sehat, kurangi yang manis-manis. Minum madu tiap hari mungkin membantu, karena saya dan suami rajin minum madu selama 3 minggu sebelum inseminasi, suami pun minum suplemen Blackmore untuk menjaga kualitas sperma.
  2. Olahraga 30 menit setiap hari selama sebulan sebelum tindakan inseminasi. INI WAJIB!
  3. Rajin minum obat yang diberi dari dokter
  4. Minta doa dari orangtua, keluarga dan teman-teman. Karena kita tidak tahu doa siapa yang dijabah, semakin banyak yang mendoakan, semakin baik, never underestimate the power of ‘dua.
  5. Perbanyak ibadah, termasuk ibadah sunnah.
  6. Hindari kegiatan yang bikin stress. Berhenti bekerja kalau perlu, apalagi jika pekerjaan itu terlalu berat dan bikin stress.
  7. Percaya pada rencana yang Allah sudah buatkan untuk kita.

Saran dari saya, jangan malas untuk mengikuti tahapan program hamil. Selama beberapa tahun, saya mengikuti saran dari dokter dimulai dengan minum obat-obatan, operasi laparoskopi ovarian drilling, hingga inseminasi. Program hamil saya jalani selama kurang lebih 2 tahun di dua klinik berbeda. Tahun pertama, saya melakukan program hamil secara alami di klinik dr.Tarmin-Cihampelas dengan minum obat dan rutin fisioterapi rahim seminggu 2x. Karena belum berhasil, dr Tarmin merekomendasikan konsultasi ke dr.Tono untuk inseminasi, tapi setelah konsultasi dengan dr.Tono, saya disarankan operasi laparoskopi dulu, baru setelah itu tindakan inseminasi. Beginilah beratnya perjuangan seorang PCOS untuk memiliki buah hati. Ya berat di ongkos, ya berat di mental, belum berat badan yang terus meningkat karena gen tubuh yang selalu kecanduan akan makanan manis. Tapi, jangan patah semangat ya Ibu-ibu. Ikhtiar aja terus, Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita! In Shaa Allah..

16 thoughts on “Dua Strip Merah Terindah

  1. Rhily..ini Sessy sepupunya Tama. Semoga dirimu masih ingeeet. Barakallahu fiik. Selamat ya say, ikut terharu baca perjuangannya. Sehat2 terus ya bumil, sing lungsur langsar aamiin yra.

    • Hai Sessy, masih ingeet dong hehe Aamiin.. makasih yaa, mhn doanya spy dilancarkan sampai lahiran. Smg Sessy dan keluarga sehat terus yaaaa 🙂

    • Dear rhily.. Salam kenal… Selamat ya buat kehamilan nya. Jd inget perjuangan aku dl, aku jg dl pcos. Tp krn dulu kerjaan masih ‘merangkak’ jd ga bisa ikut program2 hamil kya rhily. Hanya ikut program biasa aja, dan selalu berhenti krn dana. Pernah di dr. Hanirono sampe di cek sel telur 1 minggu 2 kali, itu pun berhenti. Macem2 alternatif jg udh nyoba, tjan tjun juga udh pernah nyoba, minum susu kedelai nya sampe disuruh beli bantalnya sama tjan tjun 😄😄🙈🙈 akhirnya cape dan memutuskan ikhlas aja deh stop program2 😊 1 thn ga nerusin program, pikir2 pengen nyoba lg. Dan langsung memutuskan ke dr.Wiryawan si dokter santay 😄😄 Emang santai bgt dia. Pas dateng kesana lg haid, dr.wiryawan cuma usg transvagina, trus kasih vit aja sambil bilang ‘jangan program2 dl, sekarang beres haid HAJAR aja dl sama bapak’ 😄😄 bln depan klo haid hari ke 2 baru kesini lg. Bln depan nya udh tgl haid tp blm dapet, krn biasa telat ya cuek aja. Tp tiba2 dapet cuma dikit bgt (flek) dan 2 hari ilang fleknya. Krn takut knp2 gara2 kerjaan aku yg adm (angkut dorong manggul 😄) aku dateng ke wiryawan. Pas disana dia baca riwayat bln kemaren, trus langsung nanya skr lg haid? Ga, belum kata aku. Trus knp kesini kata wiryawan sambil santaiiii bgt ngomongnya 😄 Aku ceritain klo aku haid 2 hari dan langsung stop. Dia bilang usg aja ya, pas di usg ternyata dia bilang ‘bu, tuh liat ibu tuh hamil’ 😳 Antara percaya sama ga. Tp wiryawan bilang msh terlalu muda, jaga dulu dan 2 minggu suruh balik lg. Antara seneng dan ga percaya sama hasil dr.wiryawan. Minggu dpn nya aku ke dr lain, ke dr udin. Krn teman byk kesana, jd pengen aja periksa kesana. Tp sayang pas di periksa di dr.udin aku malah di bilang ga hamil 😞 Sedih sih, tp ya udh tunggu seminggu lg balik lg ke wiryawan. Pas di periksa sama wiryawan tau nya malah udh ada suara detak jantung si baby 🙏🏼🙏🏼🙏🏼🙏🏼 alhamdulilah. Dari situ aku memutuskan cek terus sama wiryawan, enak bgt lah selama hamil di periksa wiryawan, ke ‘santai’an nya bikin nyaman hehehehe tp lahiran aku ga sama wiryawan, krn kondisi hamil yg sehat bugar (alhamdulilah) aku mutusin buat gentle birth di galenia, sama bidan. Kebetulan aku hamil 40 minggu lbh, klo kata wiryawan udh masuk 40 minggu blm ada mules2 ‘cesar’ aja yuk bu 🙈 Aku kaburrrr.. Ga balik lg ke wiryawan 😄😄😄
      Alhamdulilah kesampean gentle birth
      Maaf komen aku jd panjang, cuma happy aja ada yg punya cerita hampir sama hehehe (dr yg sama sih sebenernya 😄)
      Skr ini cerita rhily lg aku liatin ke temen aku, supaya dia semangat lg. Dia tengah taun 2016 insem dan gagal. Moga2 dia semangat lagi abis baca cerita rhily ya 🙏🏼🙏🏼🙏🏼
      Makasih rhily, sehat2 terus baby sama mommy nya..

      • Hai Mba Nonky,
        Alhamdulillah seneng bnget bacanya, bisa hamil alami. Trmkasih yaaa udh sharing hihi aku juga rencananya mau nerusin cek ke dr.wiryawan sampe hamil tua, tp blm kpikiran lahiran nya gmn hehe.. doakan sehat2 terus yaaa

  2. Perjuangan banget y teh,, demi berbadan dua 😭

    Teh mau nanya selama promil dari laparoskopi hingga insem pengeluaran biaya sampe berapaan?

    • Laparoskopinya sendiri 24-35jutaan tergantung kamar rawat inap yg dipilih, inseminasi juga beda2 tergantung kebutuhan suntikan masing2 pasien, kalo aku habis 9jutaan. Detail lengkapnya bisa dibaca di postingan aku yg sebelum2nya yaaa

  3. Selamat teh ikut bahagia. Smg selalu diberikan kesehatan ibu dan baby nya. Dilancarakan persalinannya. Saya juga tanggal 16 januari kmrin insem namun Allah blm menakdirkan saya berbadan dua bulan ini. Doakan saya smg sgera menyusul. Oh ya teh tgl 2 feb 2017 teh rhily kontrol ke limijati sama suami.Soalnya perasaan saya lihat t rhily kalau g salah pake baju abu.kebetulan saya kontrol haid hari ke 2 ke dr dian.

    • Hai Rima,
      Aamiin, terimakasih y doanya.
      Iya tgl 2 kmrn aku cek ke dr.wiryawan. Semangat terus ya ikhtiarnya, semoga segera diberikan yg terbaik oleh Allah.. jgn terlalu capek 🙂

      • Oh berrati saya ga salah lihat yah kemarin ada t rhily lg cek. Aamiin teh makasih jg doanya. Ya ni teh mungkin karena capek dan agak sdkt stres pas kemarin ditensi darahnya jd naik 140/90. Insya Allah tp tetap semangat berikhtiar unt promil selanjutnya 🙂

  4. salam kenal ya mbk…aku termotivasi dengan cerita mbk. Aku juga punya kasus yang sama yaitu PCOS dan sudah melakukan operasi laparoskopi juga. Step yang aku lakukan persis sama dengan mbk, karena mungkin kita punya kasus yang sama hehehe…tanggal 20 maret 2017 ini inshaalloh saya akan melakukan Inseminasi juga, dan aku juga pasiennya dr.tono. Mohon do’anya mudah2n aku bisa menyusul dan berhasil seperti mbk rhily…

  5. Salam kenal teh,sy Shofi. Sy kepikiran insem teh akhir2 ini gara2 sy sma suami LDR-n terus beda pulau lagi. Sedang kita udah pengen banget pny baby. Alasan seperti itu logis gak sih teh? Terus persiapan sebelum insem kita boleh aktifitas agak berat gak? Trims

    • Hai Shofi, salam kenal. Sebenarnya inseminasi itu buat yg memang susah hamil,say. Kalau kalian bedua sehat dan masih bs alami, knp ga alami aja? Lumayan loh biayanya hehe. Kalau aku jd kamu, drpd insem,mending biayanya aku pake buat nyusul suami pas lg masa subur, trus hubungan deh, smoga bs lgs jadi hihi. Dicoba alami aja dl,say

  6. Assalamu’alaikum mba.. baca blog mba dr awal ikhtiar sampai alhamdulillah akhirnya hamil nyes sendiri, selamat ya mba, Alhamdulillah aku lagi hamil jg, baru jalan 2 bulan, semoga diberi anak yang soleh/a, sehat, cerdas ya mba, aamiin aamiin

Leave a Reply

