Ikhtiar untuk Berbadan Dua (2)

Hola.. berjumpa lagi dengan saya yang  antara ada dan tiada dalam meng-update blog ini. Banyak kejadian dan peristiwa yang ingiiin sekali saya share disini, tapi seperti biasa, yang namanya wanita suka bingung untuk memulai darimana. Baiklah, mari kita mulai dengan menguraikan satu persatu benang kusut di kepala ini.

Hampir setahun sejak saya (yang memiliki PCOS) melakukan operasi laparoskopi ovarian drilling. Namanya memang agak seram, ada istilah “bor” nya segala. Tapi jangan khawatir karena prosesnya ga semenakutkan itu kok. Ovarian Drilling adalah operasi melubangi indung telur agar tercipta keseimbangan dan keharmonisan kehidupan hormon-hormon kita di dalam sana. Alhamdulillah, semenjak operasi, jadwal haid saya teratur walau kadang mundur beberapa hari dari tanggal bulan sebelumnya. Ternyata penanganan bagi penderita PCOS itu ada beberapa tahap menurut Dr.Tono yang katanya salah satu ahli fertilitas terbaik di Bandung. Kali ini saya akan membahas lebih detail dari tiap tahapan.

  • Pertama, diatasi dengan obat-obatan (biasanya diberi obat diabet untuk mengontrol produksi insulin berlebih agar sel-sel telur bisa matang, dan tentunya.. obat hormon). Jangan lupa juga untuk rajin olahraga. Kata dokter sih setiap hari minimal 30 menit, yang penting keluar keringat mengalir. Yah, itung-itung sekalian bikin langsing. Pengalaman saya, tahap minum obat ini kudu sabar dan telaten karena efeknya bikin perut mual-mual, lumayan bikin PHP karna mikirnya “wah gue hamil kali ya”. Padahal mah ZONK. Apapun yang terjadi pokonya harus tetap semangat sambil iktiar dan tawakal ya, geng! Nah, Kalau belum berhasil, mari masuk tahap kedua
  • Operasi Laparoskopi Ovarian Drilling. Fungsinya untuk melubangi indung telur. Seperti yang kita tau, penderita PCOS memproduksi insulin dan hormon testosterone berlebih yang membuat sel-sel telur sulit matang. Nah, si indung telur ini dilubangi agar hormon testosterone dan sel telur yang kecil-kecil bisa keluar dan memberi ruang untuk sel telur lain untuk berkembang. Harapannya sih, hormon-hormon kita bisa seimbang sehingga telurnya matang. Pada prosesnya, operasi laparoskopi ini turut memasukan kamera kecil ke dalam rahim, jadi terlihatlah semua drama di dalam perut saya, selain lemak tentunya, ternyata saya memiliki kista kecil yang tidak terlihat oleh USG transvaginal sekalipun, dan jugaa…. ternyata ada segerombolan geng si putih yang berkumpul di dalam, bisa jadi salah satu penyebab sperma-sperma itu ogah meneruskan perjalanan menuju sel telur. Alhamdulillah, semua dibasmi oleh sang dokter dalam sekali operasi. Setelah operasi, dokter menyarankan untuk program hamil secara alami dulu selama beberapa bulan, tapi kalau belum berhasil, ya masuk tahap selanjutnya..
  • Inseminasi. Singkatnya, inseminasi ini adalah proses memasukkan sel sperma ke dalam rahim dengan bantuan kateter. Biaya inseminasi ini berbeda tergantung kondisi sel telur kita. Katanya sih yang bikin mahal itu adalah suntikan untuk mematangkan telur. Sekali suntik kira-kira 1jutaan. Tindakan inseminasinya sendiri hanya sekitar 3jutaan. Makanya, mending rajin olahraga deh daripada disuntik berkali-kali. Cmiiw, olahraga juga bisa mematangkan sel telur. Rencananya saya baru akan melakukan inseminasi akhir tahun ini. Nabung dulu, cyiin..
  • Bayi tabung. Pada proses ini, sperma sehat dan telur yang telah matang diambil dan dipertemukan diluar rahim sang ibu, kemudian sel telur yang sudah dibuahi, dimasukan kembali ke dalam rahim. Yah, harapannya sih kita ga perlu sampai melakukan tahap ini ya. Karena selain ya ampun mahal banget sekitaran 35-60juta, ternyata proses ini memakan waktu paling lama. Kudu kuat mental, batin dan fisik.

Secara medis, perjuangan masih panjang bagi saya dan suami untuk mendapatkan buah hati, tapi yang paling penting, bukan menjalankan tahap-tahap pengobatan dengan kobaran semangat 45. Tapi, kita juga butuh mental diri yang selalu iktiar, tawakal dan berserah pada Allah bahwa semua terjadi karena kehendak Allah. Iya, memang benar. Semua akan indah pada saatnya. Apa yang kita inginkan belum tentu yang terbaik buat kita. Allah maha tahu kok apa yang kita butuhkan, jadi jangan pernah sekalipun ragu pada-Nya.

Minta sama Allah karena Dia Maha Pencipta, tapi jangan cuma minta-minta. Kita juga harus usaha untuk mendapatkan buah hati. Gak perlu marah atau sedih, bisa jadi ini adalah tahap dalam hidup kita untuk menjadi kita yang lebih baik, lebih sabar, dan lebih dewasa. Penting juga untuk melingkari diri kita dengan orang-orang yang positif dan mendukung kita. Selain dukungan suami dan orangtua, kasih sayang dari sahabat dekat juga sangat membantu. Stres yang berkurang, mendukung “kegiatan” dalam remang-remang. Siapatau malah “jadi” tanpa bantuan medis. Eaaaaa..

Tulisan ini akan berlanjut setelah saya melakukan proses inseminasi atau setelah tiba-tiba In Shaa Allah saya hamil sebelum inseminasi (AAMIIN!!) Doakan kami yaa.. Bismillah.

Advertisements

10 thoughts on “Ikhtiar untuk Berbadan Dua (2)

  1. Bismillahirohmanirohiim…
    Selamat berikhtiar Ifan & Rhily sayaang…
    Allah sayang sekali sama kalian berdua 🙏🏻🙏🏻🙏🏻❤️❤️❤️

  2. Assalamualaykum,
    Mbak Rhily, senang ketemu blog ini dikit banyak ngasih wawasan ttg pco dan step by step terapi pco.. Saya jg pco mbak, ketauan udh dr 2015 tp baru berobatnya agustus kemaren hehe.. ke dr Tono jugaa, ini lg mau kontrol yg ke 2.. trs terang deg-deg an & takut terapi obat & olahraga ny ga berhasil dan harus LOD 😢😢😢😢
    mbak Rhilly apa kabarnya? Semoga sehat selalu & berhasil hamil alami sblm inseminasi ya mbak, aamiin ya Rabb.
    Semangat ya Mbak & Suami, semangat jg untuk pco’s fighter lainnya 💪💪

    • Waalaikumsalam Mbak Asti,
      Alhamdulillah kalau tulisannya bermanfaat. Ttap smangat berjuang ya mbak, krn penderita PCO itu never ending story perjuangannya hihi

      Saat ini aku lg bedrest krn Jumat lalu baru inseminasi. Apapun hasil nya harus tetap ikhlas dan yakin kalau ini rencana Allah dan pasti yg terbaik. Kita sama2 saling mendoakan ya mba. Semoga sukses promil nya 💪

  3. Mbaa gimana? sukses belum? ak pasien dr tono juga loh, dan LO juga
    cuma OD (ovarium drilling) ga menjamin PCO sembuh 100%, aku tetep harus olahraga n minum obat

  4. Assalamu’alaikum Rhily,
    Pengen tau gimana kelanjutan usaha unk mendapatkan buah hatinya krn saya juga sdg ikhtiar.
    If we can have a deeper conversation by email that will be great.

  5. Mba, kadar gula dalam tubuh untuk penderita pcos bisa terlihat pada waktu cek gula darah ndak? Agar bisa dikontrol..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s