Berkendara di Negeri Singa

Beberapa kali berkunjung ke Singapura, saya selalu menggunakan MRT sebagai alat transportasi ke berbagai objek wisata. Januari lalu, saya kembali berkunjung ke negeri singa ini. Kali ini saya dan suami memilih menginap di hotel bertema vintage yang agak jauh dari MRT tetapi tepat di seberang halte bus. Ya, kami ingin mencoba menggunakan bus untuk berkeliling ke Singapura. Sekilas mengenai penginapan kami, Kam Leng Hotel telah berdiri sejak tahun 1938. Walaupun tergolong tua, tapi interiornya sangat terawat dan bersih. Pelayanannya pun memuaskan. Lokasi penginapan ini berada di daerah Little India sedangkan tujuan dari kegiatan kami selama di Singapura berada di sekitar Orchard dan Marina Bay Sands. Malam harinya, saya menjelajahi dunia paman Google untuk mencari rute bus ke berbagai area yang ingin saya kunjungi. Ternyata naik bus lebih menguntungkan untuk menjangkau beberapa area yang tidak dilewati MRT, harganya pun tidak jauh berbeda. Metode pembayarannya ada dua pilihan, yaitu dengan kartu atau bayar tunai pada kotak yang telah disediakan. Kondisi bus cukup bersih dan nyaman. Tapi jangan lupa untuk menekan bel jika ingin turun di halte berikutnya. Saya pernah lupa menekan bel dan akhirnya turun di halte yang jauh dari tempat tujuan saya. Walaupun begitu, naik bus ada kekurangannya. Di beberapa halte, kita harus menunggu sekitar 5-15 menit sampai kendaraan datang.  Jika jalanan sedang padat dan tepat dengan waktu pulang kantor, kita akan berada lebih lama di dalam kemacetan. Untuk mengetahui nomor bus yang harus kita tumpangi, saya mengunjungi https://publictransportsg.wordpress.com. Selain itu, di setiap halte bus pun tersedia peta berisi rute dan nomor bus dengan lengkap. Setelah seminggu berkegiatan, berkendara dengan bus lebih menghemat biaya dan energi. Jika saya naik MRT, saya masih harus naik taksi atau berjalan sekitar 500 meter- 1 km ke tempat tujuan, sedangkan bus memiliki lebih banyak halte di sepanjang jalan. Tapi jika Anda ingin efektif waktu sebaiknya tetap menggunakan MRT terutama pada saat lalu lintas padat. Walaupun Negara Singapura sangat kecil, ternyata menyimpan banyak tempat-tempat menarik lainnya untuk dijelajahi selain objek wisata yang sering ditawarkan oleh agen perjalanan.

Leave a Reply

