Tangan Ketiga

Dimuat dalam majalah SCARF volume 16

 

unnamed (7)Berawal dari ketertarikan Fajar Fauji Hamzah terhadap keahlian tukang pigura di Kota Kuningan, tempat kelahirannya, muncul ide kolaborasi dengan para pengrajin untuk menghasilkan produk-produk furnitur yang unik.  Wadah bagi pengrajin handal ini diberi nama Tangan Ketiga yang didirikan tahun 2013. Fajar memanfaatkan sosial media Instagram untuk mengunggah gambar hasil karya Tangan Ketiga. Karya-karya unik dengan kualitas baik ini menarik minat banyak pelanggan hingga ke kota besar.

Mimpi dan harapan pemuda lulusan SMA ini adalah untuk maju dan sejahtera bersama dengan para pengrajin lainnya di Tangan Ketiga. Mayoritas pengrajin dalam wadah kreatif ini berlatar belakang lulusan SMA yang sulit mendapatkan pekerjaan di kota besar. Menurut Fajar, hadirnya kemajuan teknologi saat ini membuka peluang untuk mengembangkan bisnis tanpa harus keluar dari kota kelahirannya. Tangan Ketiga membuktikan bahwa kesuksesan tidak hanya dapat diraih dengan bekerja di kota besar. Tujuan hidup pemuda sederhana ini adalah hidup berkecukupan, dekat dengan keluarga, bebas kemacetan, dapat menghirup udara segar dan merasakan air sehat berlimpah setiap saat.

Produk – produk Tangan Ketiga adalah furnitur dan pernak pernik home living. Sekitar 70% karyanya dipesan oleh pelanggan dengan permintaan custom-design. Dalam proses produksi, Tangan Ketiga Ketiga menerapkan sistem reuse dan recycle karena kecintaan Fajar terhadap barang bekas. Mayoritas bahan baku yang digunakan adalah barang bekas seperti palet, besi bekas, kayu bekas hingga dus bekas untuk kemasan produk. Karya-karya Tangan Ketiga dapat dijumpai di jalan Veteran no 70A Jagabaya, Kuningan, Jawa Barat atau Instagram @tanganketiga.

unnamed (1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s