Green Living

(Dimuat dalam SCARF Magz vol.12)

Mendengar istilah ini, kita pasti akan terbayang akan rumah tinggal yang nyaman lengkap dengan kebun dan aneka  tumbuhan. Tetapi, makna dari kata tersebut tidak hanya sekedar hijaunya lingkungan di sekitar rumah kita saja.  Green Living adalah hidup sadar akan lingkungan. Dengan lebih mengenal dan menyadari hal-hal kecil tentang keadaan tempat tinggal, kita akan lebih mudah memanfaatkan potensi alam sekitar dan mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk menciptakan rumah tinggal yang nyaman dan selaras dengan alam.  Tentunya, kita akan hidup lebih sehat dan turut mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Menerapkan green living dalam kehidupan sehari-hari dapat dimulai melalui langkah kecil sederhana dengan memaksimalkan fasilitas rumah yang telah ada.

Taman Rumah

Free-Standing-Vertical-GardenSelain berfungsi untuk mempercantik rumah, taman pun memiliki banyak sekali manfaat. Ketika musim hujan, taman menjadi area resapan air yang dapat mengurangi resiko luapan air. Akan lebih baik jika taman dilubangi sebagai pori-pori tanah untuk memudahkan penyerapan air sehingga dapat mencegah terjadinya banjir. Jika rumah Anda berada di pinggir jalan raya, taman dengan tumbuhan dan pepohonan dapat menyaring kebisingan dan debu. Perbandingan yang ideal antara rumah dan taman adalah 60-40. Taman di dalam rumah dengan bukaan langit-langit melancarkan sirkulasi udara dan cahaya alami, hal ini berfungsi menghindari ruangan gelap dan lembab serta mendatangkan hawa sejuk tanpa penggunaan AC. Jika tidak memiliki lahan yang luas, Anda dapat memanfaatkan dinding kosong di rumah sebagai vertical garden. Pasanglah pot-pot tanaman secara vertikal di dalam dinding rumah Anda.

Produk Pembersih

Pilihlah produk pembersih yang aman dan tidak mengandung bahan kimia. Tanpa disadari, produk perawatan tubuh seperti shampoo ataupun pembersih rumah berbahan kimia dapat menghasilkan limbah yang dapat membunuh mikroba bermanfaat penghuni air. Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda dapat menggunakan produk yang dapat diuraikan kembali, tidak mengandung deterjen, pewangi, pewarna, klorofluorokarbon dan bebas racun. Beberapa perusahaan yang peduli lingkungan, akan mengambil kembali produk bekas dan mendaur- ulang bahan kemasan tersebut. Langkah terbaik adalah memilih produk berbahan alami dan organik. Selain itu, simbol reduse-reuse-recycle yang terdapat dalam kemasan dapat membantu kita untuk memilih produk yang sesuai.

 Material bangunan dan furnitur

Little_Tree_Furniture_Mary_Rose_upcycled_Chest_Jika kita akan membeli furnitur ataupun merenovasi rumah, pilih material alam yang berasal dari lingkungan sekitar, bukan yang didatangkan dari lokasi yang jauh. Dengan begitu, Anda telah mengurangi emisi gas buang kendaraan dan memanfaatkan potensi sumber daya alam di daerah Anda. Kurangi pula pemakaian bahan yang tidak ramah lingkungan, kecuali jika kita akan menggunakannya kembali. Jika kita menggunakan material alam seperti kayu untuk keperluan rumah, tanamlah pohon di halaman rumah anda sebagai rasa tanggung jawab moral, sehingga akan tercipta keseimbangan hidup dengan alam.

Alat Elektronik

shutterstock_70078378Bagi Anda yang sering mengalami pemadaman listrik, salah satu solusinya adalah menggunakan panel surya. Sumber energi berlimpah terutama di iklim tropis seperti negara kita adalah cahaya matahari. Manfaatkanlah cahaya tesebut melalui panel surya untuk menyalakan beberapa peralatan elektronik di rumah Anda. Walaupun awalnya mebutuhkan modal cukup besar,tetapi jika digunakan dalam jangka panjang, Anda akan lebih menghemat biaya. Dengan menggunakan panel surya, Anda  turut mencegah timbulnya efek rumah kaca dan perubahan iklim. Selain itu, telah banyak peralatan rumah tangga  ramah lingkungan dan hemat energi di pasaran yang dapat Anda gunakan. Jangan lupa untuk selalu mematikan AC, lampu, televisi dan alat elektronik tersebut bila pemakaian sudah selesai. Hemat energi, maka hemat biaya.

Daftar Pustaka

http://www.indoenergi.com/2012/04/pengertian-panel-surya.html

http://www.greenlifestyle.or.id/tips/detail/bagaimana_bikin_listrik_di_rumah_pakai_solar_panel

http://www.femina.co.id/waktu.senggang/interior/green.interior/006/004/150

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s