Si Positif untuk Mengalahkan Negatif

Sebagai manusia, kita tentu tidak luput dari rasa tidak suka seseorang pada kita. Ya, namanya juga manusia, pasti ada saja orang yang membicarakan kita. Syukur kalau positif, tapi bagaimana kalau mereka membicarakan hal yang negatif tentang kita? Jangan terlalu diambil pusing, ternyata semua itu ada alasannya. Saya akan bercerita sedikit tentang hal ini..

Suatu hari, saya mendengar seseorang membicarakan hal negatif mengenai saya. Alasannya sederhana, mungkin karena orang itu belum bisa ikhlas menerima kondisi dan kehidupan saya sekarang. Awalnya saya merasa kasihan padanya dan berpikir mengapa dia belum bisa ikhlas, tapi kemudian saya menyadari sesuatu. Saya tidak bisa mengubah cara pandang orang terhadap saya. Yang bisa saya lakukan adalah mengontrol diri saya sendiri. Mengatur diri untuk menjadi seseorang yang saya inginkan.  Saya juga menyadari, omongan negatif  ini adalah peringatan dari Sang Maha Pencipta untuk lebih mendalami agama, untuk lebih rajin, untuk memperbaiki diri, dan untuk menyadarkan bahwa masih banyak potensi dalam diri saya yang belum dimanfaatkan sepenuhnya. Semakin besar omongan negatif itu, semakin besar keinginan saya untuk menjadi lebih kuat dan lebih hebat lagi. Justru seharusnya saya berterimakasih kepada dia yang membicarakan hal negatif tentang saya. Karena tanpa dia, saya akan tetap malas, santai-santai dan termakan dengan keadaan yang sangat nyaman sehingga tidak berusaha 110% untuk mengejar mimpi-mimpi saya.

Seorang pembicara hebat di sebuah seminar pernah berkata  “Anggaplah di dalam dirimu ada peliharaan bernama Negatif dan Positif. Semua peliharaan pasti membutuhkan makanan, jika kamu ingin menjadi orang yang baik, maka berikanlah makanan pada si Positif, dengan begitu dia akan tumbuh besar dan kuat, sebaliknya biarkan si Negatif merana dan semakin kurus sehingga dia tidak akan bisa mendominasi pikiran dan tubuh kita.” Susah memang untuk selalu berpikiran positif, apalagi jika ada seseorang yang membicarakan hal buruk tentang kita, tapi toh kita harus belajar untuk menjadi bijak dan mengambil semua hikmah yang tersembunyi di belakangnya. Dengan menjadi bijak kita sudah selangkah maju menuju kepribadian yang lebih baik.

Sekarang saya jadi semangat untuk lebih rajin bekerja, rajin bermusik, mulai bersosialisasi, mulai memperbaiki diri untuk menjadi lebih hebat lagi. Ternyata orang negatif juga bisa menjadi mood booster jika kita menyikapinya dengan hal yang positif. Subhanallah 🙂

One thought on “Si Positif untuk Mengalahkan Negatif

Leave a Reply

