Kekuatan berpikir positif dalam meraih impian

Akhir minggu di Senayan Jakarta, saya mengikuti seminar kepemimpinan yang diadakan 4 bulan sekali oleh Network21. Hari pertama dibagi menjadi 3 sesi dan pembicaranya adalah sebuah keluarga yang telah sukses. Sang Ibu bernama Putu Sri Rahmaningsih, menjalani bisnis bersama anak dan mantunya yaitu Ibu Rachmasari dan Pak Bimantoro. Saya terharu mendengar kisah perjalanan mereka dan mendapat banyak ilmu dari pertemuan itu. Sebelum sukses seperti sekarang, Ibu Putu adalah seorang penjahit selama 23 tahun. Hidupnya bergantung dari  pesanan pelanggan.Ibu Sari sebagai anak yang berbakti, tidak tega untuk meminta uang jajan lebih pada ibunya, padahal saat itu kuliahnya di Jogja, jauh dari keluarga. Uang jajan Ibu Sari hanya cukup untuk membiayai hidupnya selama 2 minggu. Beliau akhirnya mulai berdagang. Setiap hari setelah subuh, Ibu Sari pergi ke pasar membeli kue basah untuk dijual pada teman-teman kuliahnya yang belum sarapan, harapannya adalah mendapat uang lebih dari hasil penjualannya sehingga beliau bisa makan hari itu. Mendengar cerita Ibu Sari, saya merinding dan sangat bersyukur karena tidak harus mengalami peristiwa seperti itu. Tapi… Saya juga malu. Malu karena kadang saya merasa perjuangan saya belum maksimal padahal segala fasilitas dan sarana sudah tersedia. Malu karena kadang, kemalasan masih menguasai saya sehingga kesuksesan saya tertunda. Malu karena kadang kalah memerangi ego saya, sehingga menghambat jalan saya menuju impian saya. Saya pun menitikan air mata, merasa saya belum mengerahkan seluruh kemampuan untuk cita-cita saya.

 

Kisah Ibu Putu berbeda dengan anaknya. Setelah bekerja selama 23 tahun, Ibu Putu jenuh dengan pekerjaannya sebagai penjahit dan mengambil keputusan untuk merubah hidupnya. Beliau pernah sakit kanker dan divonis umurnya hanya tinggal 6 bulan. Tapi beliau tidak patah semangat, bahkan merubah pola pikirnya. Dengan sisa umurnya ini, Ibu Putu bertekad ingin membantu banyak orang lain untuk menjadi sukses sebelum ajalnya tiba. Beliau mulai banyak membaca buku-buku motivasi dan terus berpikir positif sebagai modal dirinya untuk membantu orang lain menjalankan bisnisnya. Dampaknya sangat hebat, kekuatan dari berpikir positif membuatnya sembuh dari penyakit kanker, bahkan saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, beliau sangat sehat dan kuat berbicara diatas panggung. Saya belajar bahwa untuk membuat mimpi menjadi kenyataan, dibutuhkan motivasi, tekad dan pemikiran yang positif. Percuma jika kita selalu berusaha sekuat tenaga tapi pikiran kita tidak positif atau berdasarkan motivasi yang salah.

 

Ada hal menarik lain dari materi yang disampaikan oleh Ibu Putu. Untuk mencapai impiannya, beliau memiliki sebuah buku yang berisi daftar mimpi-mimpinya. Tidak hanya tulisan, tapi juga berisi gambar-gambar yang ingin dicapai. Di seminar itu, beliau menampilkan slide dari buku mimpi yang dibuat sebelum kesuksesannya. Ibu Putu rajin menggunting gambar tempat-tempat yang ingin dikunjungi, seperti Phuket, Thailand, Australia, Moscow, dan lain-lain. Tidak hanya tempat wisata,tapi juga barang-barang seperti  mobil Honda Jazz berwarna merah. Entah bagaimana caranya, beliau selalu berpikiran positif bahwa suatu hari semua itu akan tercapai. Betapa terkejutnya saya ketika melihat slide berikutnya, muncul foto-foto beliau dengan latar belakang di berbagai tempat yang dulu ingin dikunjunginya. Sama persis. Saya menganga, karena beliau berfoto dengan latar yang sama persis seperti gambar di buku mimpinya. Lanjut ke slide berikutnya, muncullah gambar mobil berwarna merah. Lalu beliau bercerita … Suatu ketika Ibu Putu ingin membeli mobil impiannya dan menuju showroom Honda. Di tengah jalan, beliau melewati showroom Suzuki dan memutuskan untuk mampir dulu. Ternyata beliau jatuh hati pada mobil Suzuki Estillo merah. Akhirnya mobil tersebutlah yang dibelinya. Sampai di rumah, cucu beliau meminta neneknya untuk men-ceklis gambar Honda Jazz merah yang ada di buku mimpi. Ibu Putu kaget setelah memperhatikan lebih detail. Ternyata gambar yang ditempelnya selama ini bukan Honda Jazz, melainkan Suzuki Estillo merah. Saya paham, itulah akibat dari kekuatan pikiran yang positif. Saya langsung teringat pada buku “The Secret” karya Rhonda Byrne. Jika kita memvisualisasikan dan meyakini keinginan kita secara detail, tidak mustahil hal itu akan tewujud. Karena pikiran kita terdiri dari gelombang yang memancarkan gambar-gambar seperti stasiun televisi. Bedanya gambar-gambar ini adalah kehidupan kita sehari-hari. Ibu Putu telah mempraktekan hal ini dalam kehidupannya dan menjadi kenyataan.

 

Banyak hal yang Ibu Putu dan Ibu Sari sampaikan dan melekat di benak saya. Jika kita ingin sukses, kita tidak mungkin melakukan hal yang biasa-biasa saja setiap hari. Untuk mendapatkan sesuatu yang luar biasa, kita juga harus melakukan hal yang tidak biasa. Kita tidak bisa memilih untuk lahir di keluarga yang kaya atau miskin, tapi kita bisa memilih untuk mati dalam keadaan kaya atau miskin. Lahir miskin itu bukan salah kita, tapi kalau mati miskin, itu salah kita. Ibu Putu dengan tegas menyampaikan 3 poin jika ingin sukses:

  1. Stop & Think.
  2. Out from comfort zone.
  3. Do It Now!

 

Sederhana, tapi kadang sulit untuk dilakukan, kita cenderung susah memulai jika sudah berada di comfort zone. Terlalu nyaman hingga takut menghadapi kesulitan bahkan takut gagal. Selama saya menjadi asisten dosen, saya berada di comfort zone. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari zona tersebut, dan mengambil waktu di akhir semester untuk berpikir hal apa yang benar-benar saya inginkan. Trnyata apa yang saya inginkan bukan menjadi dosen.  Akhirnya saya memulai dari awal untuk mencapai impian saya, dan langsung bertindak tanpa menunda-nunda.

 

Terakhir, saya akan menceritakan kisah Pak Bimantoro, anak seorang pejabat. Di masa mudanya,Pak Bimantoro beberapa kali dikeluarkan dari kampus yang berbeda. Unpar 2 tahun.. drop out. Kuliah di Semarang 1 tahun.. drop out. Beliau lebih memilih balapan, dugem dan mabuk-mabukan. Hobinya berjudi dan selalu minta uang ke orangtuanya. Pernah suatu kali, beliau menjual tujuh mobil yang dimilikinya untuk berjudi. Berkelahi pun sudah menjadi hal yang biasa. Hingga suatu hari, beliau menyadari bahwa apa yang dilakukannya tidak membuat orangtuanya bangga. Semua yang dimilikinya tidak dimanfaatkan dengan baik, bahkan disia-siakan. Akhirnya beliau memutuskan untuk berubah menjadi orang yang lebih baik dengan kehidupan yang lebih positif. Tujuannya hanya satu, yaitu membuat orangtuanya bangga sebelum mereka dipanggil Yang Maha Kuasa. Mendengar cerita beliau, saya menyadari ternyata untuk menuju segala sesuatu yang lebih baik, pasti akan ada cobaan yang sangat besar, bahkan cobaan itu membuat kita berpikir bahwa kita tidak akan mampu lagi untuk berjuang. Pada akhirnya kita berhenti dan mengubur impian kita. Tapi kadang kita juga tidak menyadari bahwa ketika kita mendapat ujian yang berat,ternyata kita hanya tinggal selangkah lagi menuju kesuksesan. Walaupun Pak Bimantoro dijauhi dan diledeki teman-temannya karena berhenti balapan, berhenti merokok, dan berhenti mabuk, beliau terus berpikiran positif bahwa itu akan membawanya ke kehidupan yang lebih baik. Toh, nanti pun akan bertemu dengan teman-teman baru di lingkungan yang positif. Saya bisa lihat, sekarang beliau sangat sukses dalam bisnisnya, tapi juga memiliki keluarga yang bahagia dan positif. Seburuk apapun masa lalu kita, akan menjadi tidak masalah jika kita memilih untuk berubah menjadi yang lebih baik. Apa yang kita lakukan sekarang akan berbuah di masa depan.  Saya ingin berubah, saya ingin masa depan saya lebih baik lagi. Saat ini juga, saya mulai bertindak.

5 thoughts on “Kekuatan berpikir positif dalam meraih impian

  1. waw….amazing…U got U’r magic moment now and all U need is action, and make it a magic action that will change U to be the better U, I know U can do it…barvo!

    • YES ! Kita semua perlu memiliki impian, Impian yang kita beri waktu untuk mencapainya kita sebut Tujuan atau GOALS ! Goals tidak akan bisa kita capai jika tidak kita KERJAKAN ! Kerja yang effektif jika kita menggunakan STRATEGY ! Jadi Selalu bermimpi Besar, mimpi itu gratis, jadi kejar impian Anda, DO IT !
      All the best !

Leave a Reply

