My Modern-Minang Wedding Vendors

Walaupun pernikahan saya sudah lama berlalu, saya akan cerita pengalaman saya bekerjasama dengan berbagai vendor pernikahan. Menurut saya mengurus sebuah pernikahan itu “gampang-gampang susah”. Saya butuh waktu setahun untuk persiapan pernikahan bertema adat padang, hunting vendor dimulai dengan mendatangi pameran-pameran pernikahan yang biasanya diselenggarakan 3x setahun di PUSDAI, Graha Mandala Siliwangi, dan gedung lainnya. Setiap mengunjungi pameran, saya selalu datang hari pertama, mengumpulkan brosur dan langsung pulang untuk menyortir dan merundingkan vendor tersebut dengan orangtua. Pusing kalau berlama-lama di pameran karena sumpek dan padat manusia. Dari tumpukan brosur, saya dapat beberapa vendor yang oke, langkah selanjutnya adalah browsing dan lihat testimonial dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa dari vendor tersebut. Ga mau kan beli kucing dalam karung? apalagi untuk pernikahan yang cuma sekali seumur hidup. Kalau testimony bagus dan orangtua setuju, hari terakhir pameran saya kembali datang dan langsung DP tanda jadi. Lumayan menghemat uang, karena biasanya vendor memberikan diskon dan harga promo. Tidak semua vendor saya dapat dalam satu pameran karena untuk vendor dengan budget besar, seperti gedung dan catering, butuh survey lebih lama dan diskusi panjang dengan orangtua dan keluarga.

Karena saya anak terakhir dan perempuan satu-satunya, orangtua ingin pernikahan saya diadakan di gedung, agar semua kenalan dan kerabat orangtua masuk daftar undangan. Total undangan sekitar 1100, which means 2200 orang, dengan perkiraan hanya 80% undangan yang hadir berarti saya dan keluarga harus menyiapkan untuk sekitar 1800 orang. Lumayan banyak dari rencana awal saya dan suami yang hanya ingin pesta kebun kecil-kecilan dengan 300 undangan. Well, seperti kata teman-teman saya yang duluan menikah, kami sebaiknya menurut saja.. karena dalam budaya Timur, pernikahan adalah hajat orangtua. Tugas terakhir seorang Ayah adalah untuk menikahkan anak perempuannya.

It’s okay walaupun pernikahan impian tidak tercapai, buat saya yang penting halal, sah dan menikah dengan orang yang saya cintai.  Hihi..

Saya dan keluarga mengurus semuanya sendiri. Orangtua saya sempat kapok dengan WO pernikahan kakak saya yang pelayanannya kurang memuaskan. Jadi, panitia pernikahan saya adalah keluarga dan kerabat dekat. Rapat pernikahan diadakan sebulan 2x dan seminggu sekali menjelang hari H. Saran saya, sebaiknya calon pengantin jangan bertanggungjawab penuh pada hal apapun (kecuali yang bisa dilakukan dan selesai sebelum hari H seperti mengurus undangan dan cincin). Delegasikanlah kepada keluarga/orang yang dapat dipercaya, sehingga menjelang hari H, calon pengantin bisa sedikit lebih tenang tanpa diganggu urusan ataupun pertanyaan-pertanyaan kecil yang bisa membuat stress.

Satu hal yang penting adalah mengumpulkan seluruh vendor dalam satu hari untuk di-brifing. Dari awal hingga akhir, saya dan keluarga memegang kendali penuh terhadap semua vendor. Sehingga vendor-vendor tersebut mengikuti kemauan kami. hal ini penting karena biasanya, vendor melaksanakan yang biasa mereka lakukan. Misalnya, untuk kebersihan catering, kadang petugas kebersihan menunggu piring dan gelas kotor menumpuk di meja baru dibersihkan, tapi orangtua saya menegaskan tidak boleh ada piring kotor, petugas kebersihan harus selalu tanggap jika ada bekas makanan tergeletak di lantai. Brifing ini juga berguna untuk menghindari tagihan mendadak di akhir acara. Contohnya, kadang pihak gedung menagih uang kebersihan pada pihak dekorasi, tapi dalam perjanjian biaya dekorasi, hal itu belum masuk ke kontrak kita, jadi pihak dekorasi menagih biaya tersebut pada kita di akhir acara. Untungnya, ibu saya sangat teliti dan hal-hal seperti ini tidak terjadi pada kami.

Setelah melalui proses yang panjang, Alhamdulillah pernikahan saya dan suami berjalan lancar dan sangat memuaskan. Vendor-vendor yang kami pilih bekerjasama dengan baik sekali (Ada sih 1 vendor yang menurut saya masih kurang). Yah, di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, But it’s okay, saya, suami dan keluarga tetap puas dengan pernikahan ini.

Undangan : Percetakan Milprint

ImageSaya dan suami mendesain undangan pernikahan sendiri. Desain undangan masuk ke percetakan sebulan sebelum hari H. Proses desain ini memakan waktu cukup lama karena saya dan orangtua memiliki keinginan yang berbeda. Untungnya suami saya kenal dengan pemilik percetakan ini, jadi pergantian kertas undangan ga terlalu merepotkan. Kami dibantu oleh Pak pedro dan Mbak April, dua-duanya ramah dan sangat sabar melayani kami. Harga yang dibayar hanya cetak saja, jadi jatuhnya jauh lebih murah (sekitar Rp.9000/undangan termasuk amplop, plastik, dan tanda terimakasih). Kekurangannya, kami harus hunting kertas sendiri ke cibadak dan toko kertas lain, agar undangan yang diharapkan sesuai dengan keinginan.

(CP : Pedro 0811234014)

 

Souvenir : Mentari glass

Saya pesan souvenir gelas lewat internet. Agak tegang juga, kaImagerena saya tidak lihat barangnya langsung. Saya dan suami desain sendiri logo untuk di gelas dan kirim via email ke Pak Doklas. Seminggu setelahnya, contoh gelas dikirim ke Bandung. Memang tidak terlalu sempurna dan kami sempat melalui beberapa revisi. Kurang lebih setelah dua minggu, barang diambil ke Jakarta oleh ibu saya. Semua gelas kami packing satu persatu dan kami sortir lagi karena ada beberapa gelas yang cacat.

(CP : Doklas 087881812620)

Makeup dan pakaian : Yuyun Make up dan Kebaya Belva

Teh Yuyun ini sangat sangat.. sangaaaaat ramaaaah sekali. Waktu pertama saya datang ke pameran di PUSDAI, saya langsung jatuh hati. Ibaratnya love at the first sight. Untung ga salah pilih. Makeup Teh Yuyun mampu menutupi jerawat saya dan bagus ketika difoto. Makeup Ibu dan mertua saya juga halus dan ga terlalu menor. Paketnya murah banget, saya ambil paket 8juta, udah termasuk:

  1. Makeup CPW (sanggul/style kerudung) & CPP
  2. 2 stel baju pengantin (akad & resepsi)
  3. Touch up makeup & ganti style rambut/kerudung untuk resepsi
  4. Busana orangtua (2 stel – akad & resepsi)
  5. Busana pagar ayu & bagus (8 stel)
  6. Make up & sanggul/kerudung untuk 8 orang (4 pagar ayu & 2 ibu)

Kebayanya dari Belva, Mas ifan yang desain kebaya ini sendiri. Kita bisa pilih kebaya ready stock atau minta desain khusus, tapi untuk desain khusus ada penambahan biaya dan harus pesan 2 bulan sebelumnya. Suntiangnya, saya sewa dari vendor pelaminan Ibu Ani. Untungnya tim dari Bu Ani dan Teh Yuyun bisa bekerjasama dengan baik sekali ketika merias pengantin acara resepsi.

(CP : Yuyun 02292450199)

Image

Makeup: Yuyun | Kebaya: Belva | Suntiang : Ibu Ani Zainudin

Gedung : Graha Batununggal Indah

Waktu itu saya dan suami survey beberapa gedung di Bandung. Tapi, gedung yang sesuai dengan kriteria keluarga kami hanya dua, yang pertama adalah gedung ini, dan yang kedua gedung serbaguna BCC di Soekarno Hatta. Sayangnya, gedung BCC ini full-booked ketika kami survey kesana. Dari kelengkapan ruang, gedung Batununggal masih unggul. Soalnya, gedung ini dilengkapi dengan dua ruang VIP plus kamar mandi, dua ruang rias keluarga/pagar ayu plus kamar mandi, dan satu ruang besar (lebih tepatnya hall) yang bisa disewa bila butuh ruang tambahan. Dari harga, gedung ini bisa dibilang diatas rata-rata. Sekitar 37juta, seingat saya, harga ini sudah termasuk 200 kursi, panggung ukuran 10 x 12 m, 5000watt listrik, petugas parkir dan keamanan serta beberapa hal lain, saya lupa. Ternyata harga yang mahal ini sebanding dengan fasilitas dan pelayanan mereka. Selain ruang VIP nya yang sangat nyaman, dapur gedung ini sangat ideal untuk catering, sangat luas dan memiliki loading dock sendiri. Area parkirnya pun luas dan dapat menampung sekitar 600 mobil, jika masih kurang, mobil tamu bisa parkir diluar area gedung tanpa perlu khawatir akan keamanannya, karena gedung ini masih berada di lingkungan kompleks. Yang melayani saya adalah Mbak Dewi, sanggat mudah diajak kerjasama dan selalu memenuhi kebutuhan kami (seperti denah gedung dan sewa alat tambahan). Kapanpun saya sms, langsung ditanggapi oleh Mbak Dewi dengan ramah. Graha Batununggal Indah very recommended!

(CP : Dewi 087822448832/ 081572288488/ 02276708288)

Image

Lighting Gd.Batununggal Indah

Image

Pintu Area Loading Dock

Image

siang hari

Image

Dapur untuk  Catering

 

Catering : Van Hengel

Van hengel ini adalah catering dari Hotel Panghegar. Saya bekerjasama dengan Pak Weddy, orangnya sangat baik dan kooperatif. Beliau aktif dan selalu siap membantu apapun yang kami butuhkan. Bahkan Pak Weddy rela ikut rapat pernikahan kami hingga 3x. Komentar dari para tamu sangat baik sekali, makanan tidak kurang dan selalu refill. Rasanya sangat enak dan petugas kebersihannya tanggap, sehingga ruang resepsi selalu bersih tanpa ada sisa piring/gelas kotor.  Lebihnya lagi, menu nya bisa disesuaikan dengan permintaan ibu saya. Five star for Van Hengel. Paket yang kami pesan adalah :

PANEKOEK Package Rp. 63.000,-/paxes

SOUP

  • Soto Padang

MAIN DISHES

1.       Nasi Goreng Singapore

2.       Lidah Iris Merah ala Chinese

3.       Roast Chicken Mushroom sauce

4.       Kakap Cah Brokoli

5.       Kwetiau Sauce Lada Hitam

6.       Nasi putih

7.       Kerupuk

8.       Rujak Cuka

9.       Air Mineral

DESSERT

  1. Aneka Pudding
  2. Buah Iris
  3. Es Puter
  4. Strawbery Yoghurt Juice

STALL/SAUNG

  1. Baso Tahu
  2. Red Beef Ala Singapore
  3. Thai Spicy Chicken
  4. Sate Padang
  5. Salad Bar
  6. Aneka Pasta

Additional

Menu Akad Nikah

  1. Roti Goreng Italia
  2. Lemper Bakar
  3. Lumpia
  4. Juice Orange / Guava
  5. Coffee / Tea / Lemon, Sugar & Cream

Bonus Fasilitas Pernikahan :

Pelaminan ( Pilih salah satu )                                      Taman Pelaminan

Taman Ruang                                                                     Karpet Pelaminan

Karpet Jalan                                                                       Backdrop + Layar Back Stage

Kursi Sofa / Etnik                                                              Tempat Uang 4 buah + bunga

Standing Flower 6 buah                                                    Gapura Pintu Slayer 3 buah

Pagar Pembatas VIP                                                        Janur Umbul-umbul 1 buah

Lighting                                                                               Meja Buffee Prasmanan 2 Jalur

Menginap 1 malam di hotel Grand Royal Panghegar +                                                      

makan pagi untuk 2 orang         

 

Apabila Dekorasi membawa sendiri akan dikenakan pemotongan sebesar Rp. 8.000.000 dari total biaya .

(CP : Weddy 081320710168)

Dekorasi Pelaminan : Ibu Ani Zainudin

Ibu Ani Zainuddin sangat fasih dalam menangani pelaminan Sumatera, terutama Minang. Pengalamannya sudah 30 tahun. Bu Ani ini orangnya detail dan peka terhadap warna, jadi warna apapun yang kita inginkan, pasti beliau kerjakan dan hasilnya luar biasa. Pelaminan pada pernikahan saya bernuansa ungu dan perak, tapi tetap megah dan mewah layaknya pelaminan Minang aslinya. Ibu Ani juga menyediakan jasa upacara adat, MC, tari-tarian sumatera, pakaian pengantin, penerima tamu, dan lain-lain. Saran saya untuk mempelai wanita, sewa suntiang dari Bu Ani karena…  suntiang milik Bu Ani ini sangat indah dan tidak berat.. saya mengenakan suntiang 7 susun dan rasanya ringan, tidak berat. Malah lebih berat tanduk batingke pada malam bainai. Nah, dibalik kelebihan tentu ada kekurangan. Buat saya kekurangannya cuma satu. Harga. Pelaminan dengan panjang 24 meter, harganya sekitar 30 juta, tapi itu belum termasuk taman di depan pelaminan, layar hitam dan pohon-pohon palem untuk hiasan di belakang pelaminan, sewa pakaian, upacara adat, daaaaan… tidak ada PAKET! Hanya pelaminan saja. titik. Jadi yang perlu dilakukan, sebaiknya kita detail saat bertanya harga ke Ibu Ani, supaya ujungnya tidak ada pembengkakan biaya.

(CP : Ibu Ani 08122016740/ 081910688939)

Image

Pelaminan “Modern Minang” di gedung resepsi by: Ibu Ani Zainuddin

Image

Pelaminan Malam Bainai di rumah CPW by: Ibu Ani Zainuddin

Dekorasi ruang resepsi : Magenta Design

Mas Chris ini ternyata masih saudara dengan keluarga kami. Lucunya, kami baru tahu hal ini ketika pertemuan pertama untuk diskusi mengenai dekorasi, itupun setelah RAB keluar. Jadi kami bisa tahu kalau mas Chris tidak menaikan harga. Saat vendor lain menawarkan gambar dekorasi 3D dari software-software canggih, Mas Chris masih menggunakan gambar manual alias gambar tangan diatas kertas tanpa dibantu software apapun. Ini menjadi nilai tambah karena mas Chris memang suka mendekorasi dan menggambar dengan hatinya. Hasilnya, ruang resepsi luarbiasa indah. Teman-teman saya dan ibu banyak yang memuji, dan setelah pernikahan saya, banyak teman saya yang minta mas Chris mendekor pernikahan mereka. Nilai tambah lagi untuk Mas Chris karena ramah, sabar dan mampu memvisualisasikan keinginan kami.

(CP : Chris  0818631593)

Image

Decor by Magenta | Photo by Fahri AlMaut

Image

Area buku tamu & lorong masuk

Image

Dekorasi area makan VIP by: Magenta

Dokumentasi : LSD Moment Photography

NOT RECOMMENDED! satu-satunya vendor yang saya dan keluarga tidak puas hanya vendor ini. Saya tidak akan membahas detail. Secara garis besar, vendor ini ditangani dan dimiliki oleh seseorang dengan sifat kekanakan dan tidak professional, tidak tanggap, serta tidak ramah dalam melayani klien (2011). Vendor ini berani menerima 4 liputan acara pada saat yang bersamaan, sayangnya tidak disertai kemampuan yang memadai. Untungnya tim yang dikirimkan pada akad dan resepsi kami, adalah tim yang ramah, sopan dan mau diajak kerjasama, tidak seperti pemiliknya. Menurut saya dan suami (yang berlatar pendidikan seni dan desain), hasil foto dalam album dan DVD yang diberikan pada kami tidak melalui proses editing. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp.10.000.000 untuk 1 studio mini pada acara resepsi, 1 album 8R, 1 foto cetak besar, 1 video malam bainai-akad-resepsi 90 menit, dan 1 videoklip. Produk dari LSD yang paling memuaskan hanya videoklip saja, itupun setelah backsound lagu diganti sesuai dengan permintaan saya.

Video yang saya post adalah hasil dari LSD Photography tapi telah mengalami pemotongan dan penambahan beberapa scene yang dilakukan oleh saya sendiri (dengan tujuan untuk memperlihatkan seluruh prosesi malam bainai- akad- resepsi dalam 1 video saja)

60 thoughts on “My Modern-Minang Wedding Vendors

  1. keren banget kk rhily, suka suka suka. btw bisa share biaya pelaminannya ndak? trimakasih banget :))

    • hai echy..
      untuk dekor pelaminannya aja ukuran 24m (kalau ga salah) jatuhnya sekitar 30 juta.. itu udah termasuk pohon palem dan aksesoris..
      kalau dekornya aja tanpa tanaman dan pohon harusnya bisa lebih murah sekitar 15 juta, jangan lupa pas nego harga sama Bu Ani nya, tanya yang detail, karena biasanya Bu Ani ga terima paket, beliau ngitungnya satuan untuk pohon.. jadi jatuhnya lebih mahal

  2. Hai rhily, qta berminat u/ ambil catering van hengel.. Cm blon pernah dtg lgs ke acara yg pk catering ini.. bole share foto2 ke arah stal2nya klo punya? penasaran.. 🙂
    Thx before..

  3. Ka Rhily,lg iseng2 browsing pernikahan minang,eeh aku kecantol blogmu.It’s so me!! I’m crazy of purple & your wedding post really inspiring me.Aku mau dong dikirimin foto2 pelaminan & busana minang beserta budgetnya.Emailku viopiandriani@gmail.com.Gracias.

  4. Hai, boleh ga aku minta price nya dekorasi magenta sama catering van hengel. Aku suka banget sama dekorasinya. Kirim ke ayunda.prisdiani@gmail.com yaa.. Aku rencana mau adat sunda, tapi pas resepsi pengen yang minimalis. Thanks yaaa 🙂

    • Halo ayunda..
      Untuk dekorasi, sayangnya sy ga punya detailnya.. kalo mau bs lgs tanya ke Mas Chris nya aja..kontaknya udh ada diatas..
      Dan untuk paket van hengel harga per pax nya ada diatas jg yaa…
      Smg lancar pernikahannya 🙂

  5. Pagi mba.. Minta tlg utk share budget cathering dan pelaminan nya ya mba.. Rencana aku mau pake adat jawa tradisional.. Utk acara sederhana ajja yg d adain d rumah 🙂 Terima Kasih mba..

  6. Uni kamek…kenalkan aq kiki, aq suka banget sm dekornya…qt sama2 pecinta pink&ungu ya..aq rencananya mw nikah des 2013 ini..mau pk adat minang jg…btw semua vendor itu dr bandung ya? aq domisili di jakarta..kira2 bisa ga ya mereka dibawa ke jkt ^__^
    uni..blh minta tlg utk share budget cathering dan pelaminan nya ya ke kiki_oopsie@yahoo.com thank u before

    • halow kiki 🙂
      kamu bisa hubungi langsung vendor2nya… kontaknya udah ada yah diatas
      budget kasarnya aku kirim ke emailmu ya 🙂

      Semoga lancar saay

      • Dear Uni,,,
        beruntung nemuin post ini! suka banget liat foto2nyaa dan baca pengalamannya…
        kebetulan aku org padaang jugaa… dan tinggal di bandungg! hihi
        aku boleh minta di share budgetnya ga un??? all exclude dokumentasi tapi.. 😀
        lagi menyusun rencana buat menikah nii.. tolong dibantu ya uniii..
        terimakasih banyaakk uni kameekk… :*

        ini emailku.. adistaputri@hotmail.com

  7. Ka Rhily, senangnya kecantol blogmu.
    keren banget weddingnya
    Lagi sibuk cari buat pernikahan Minang Modernnya.
    Wow dekorasinya keren.
    boleh tau total untuk dekorasi resepsinya berapa dan foto-foto dekorasinya ?
    Thank you.

    Nindyagiel@ymail.com

  8. Hallo k Rhily..
    Desain undangannya keren deehh..
    Boleh tau detailnya ga? Sama lembar dalam undangannya juga, klo boleh mau liat fotonya yang detail..thx before 🙂

  9. kak rhily, saya sangat suka dengan pelaminan dan dekorasinya,, saya memang rencana untuk memadupadankan nuansa ungu, saya ingin pelaminan padang yg modern.. boleh di email untuk semua budget dan foto-fotonya, terimakasih

  10. Dear Uni,,,
    beruntung nemuin post ini! suka banget liat foto2nyaa dan baca pengalamannya…
    kebetulan aku org padaang jugaa… dan tinggal di bandungg! hihi
    aku boleh minta di share budgetnya ga un??? all exclude dokumentasi tapi.. 😀
    lagi menyusun rencana buat menikah nii.. tolong dibantu ya uniii..
    terimakasih banyaakk uni kameekk… :*

    ini emailku.. adistaputri@hotmail.com

    • Halo riszka..
      Biaya keseluruhan termasuk malam bainai dan penginapan saudara2 dari jauh, sekitar 150juta. Tp itu harga tahun 2011 ya say.. mungkin skrg udh naik lg

  11. halo kak rhilly, aku suka banget deh sama acara weddingnya 😀 aku ada rencana nikah pake adat minang juga trs aku mau tanya kak, kalau acara adat dan seragam minangnya itu termasuk paket dari teh yuyun bukan ya? thanksss before kak 🙂

    • Alhamdulillah.. Makasih ya sher..
      Untuk acara adat, seragam minang dan suntiang, aku pake Ibu Ani Zainudin say, yang sama Teh Yuyun hanya kebaya pengantin sama make-up pengantin dan make up pager ayu + make up orangtua. Semoga lancar yah pernikahanmu 🙂

  12. Keren bgt mba moderen minang Nya saya teriapirasi sekali, smuanya menurut saya sempurna, akad Dan resepsi di hari Dan gedung yg sama kah?

    • halo Tania.. Alhamdulillah, makasih ya 🙂
      Iya say, resepsi akad di gedung yang sama.. untuk akad mulainya jam 15.30. resepsinya mulai jam 19.00, jadi lumayan punya waktu banyak buat pengantin ganti pakaian dan pake suntiang 🙂

  13. Hiii Rily…
    Tengkyu utk paparannya… Rinci bgt…
    Bisa utk acuan acara ntr… 🙂
    Oh iya… Itu utk acara akad+resepsinya dlm satu waktu, pengaturannya gmn yah ?
    Kira2 mrk mulai dekornya jam brp ?
    Kebetulan dpt gedungnya utk malem hari…
    *penuh*
    Rencananya utk resepsinya nanti adat minang.
    Pengen tau dunk budget utk acara malam bainai+resepsinya… Mnt tlg kirim ke email ku yah… erisdian_n@yahoo.com
    Trims

    • Halo Dian..
      Alhamdulillah kalau informasinya berguna hehe
      Aku mulai akad pk.15.30 di gedung yang sama, stlh akad ganti baju pengantin dan pake suntiang, gak sampe 1 jam ko.
      Acara resepsinya mulai pk19.00.

      Nah untuk dekor, udah mulai dikerjain dr malam sebelumnya, kebetulan waktu itu gak ada yg pake gedung pagi nya. tp, Biasanya gedung punya kebijakan sendiri &solusinya ttg dekor pagi dan malam

      Untuk budget, aku ngabisin sekitar 150juta termasuk malam bainai-akad- resepsi. Kebetulan aku lg di luar jd blm bisa kirim detailnya krn datanya di rumah. Oiya, kemungkinan harganya udah beda jauh krn perhitunganku itu di tahun 2011.. pasti skrg udh naik lagi, dian

      Well.. semoga lancar ya 🙂

      • Hmmm…
        Kebetulan pagi harinya gedung udh ada yg make ampe jam 15:00… 😦
        Kyknya perlu dipertimbangkan utk akad di lain Waktu n t4 deh… Soalnya akadnya nanti adat sunda, resepsinya yg minang… *lama*
        Ok deh… Sippp… Ditunggu emailnya… 🙂
        Aamiin… Tengkyu Rily… 🙂

    • Halo Tri,
      Aku udah ga share budget lagi karena pernikahanku itu di tahun 2011, jadi harga2nya sudah jauh berubah
      Total keseluruhan sekitar 150-160juta sudah termasuk malam bainai.
      Gedung 37,5 juta
      Catering sekitar 100 juta (untuk 1800 kepala)
      Sisanya ya bisa diperkirakan sendiri lah ya..

      Semoga lancar yah pernikahannya 🙂

  14. Indah sekali..cantik sekali.. adat minang yang indah.terharu liatnya… smga pernikahannku nanti bisa selancar, sebagus itu

  15. haii uni rhily… aku suka banget pas liat pelaminannya.. aku dr minang juga.. dulu karena ga suka pelaminan padang yg suka tabrak warna tadinya mau pake pelaminan nasional tp tetep pake songket, suntiang, dkk..

    aku rencananya pengen pake adat malam bainai jugak.. pengen tau dong rundown acara pas malam bainai ituu.. waktu itu uni pake acara pengajian juga ngga?? bisa ga yaa kalo acara pengajian aku satuin sama malam bainai…

    makasih yaa uni… 🙂
    *btw aku oprek2 foto uni di fb yaa.. 😉

    • Hai Nissa
      Maaf sekali nih aku baru bales komen kamu.. skrg2 ini aku udh jarang buka wordpress, jadi maaf kalau responnya lambat ya..

      Dulu, aku pengajiannya dipisah dgn malam bainai, karena sebenarnya malam bainai sendiri itu butuh persiapan yg lumayan banyak. Mulai dr makeup calon pengantin, dekor, catering, dll. jadi kalau misalnya pengajian disatukan dengan malam bainai, kamu dan keluarga akan sangat repot.

      Tapi kalau misalnya kamu tetap ingin disatukan, saran saya sebaiknya kamu melakukan pengajian di pagi hari nya, jadi siang hari kamu dan keluarga bisa persiapan untuk malam bainai.

      Semoga terbantu ya jawabannya dan semoga dilancarkan proses pernikahannya 🙂

      • Hai uni rhily ketika aku melihat video resepsi km serta membaca cerita cerita km ini aku tertarik sekali kebetulan calon suami ku orang Minang rencana nya Mei ini kita mau resepsi tapi MSG bingung untuk mendapatkan wedeing vendor yang cocok bagus dengan budget yang hemat aku boleh minta Price list unuk keseluruhannya GSM uni , dan apakah bisa di adakan di Jakarta .terima kasih ini email saya eva.musyaropahfriso@gmail.com

  16. Hi,lam kenal ya kak rilly ga bosan – bosan nya saya melihat video pernikahan kamu kepincut deh boleh di Share foto busana dan video pernikahan mu ga serta budget untuk keseluruhan dan bisaa tdk klo dii adakan nya di Jakarta ini email ku kirim foto nya dan budget nya ya kak. Thx ini email ku eva.musyaropahfriso@gmail.com

    • Hai Eva,
      Terimakasih yaa..
      Video bisa dilihat di blog aku, foto2 bisa dilihat di facebook : rhilyzoropriatna. Kalau untuk di Jkt saya kurang tau, langsung saja hubungi vendornya.

      Saya sudah tidak menyimpan hitungan budget, dan pasti sudah tidak valid juga karena itu 4 tahun yang lalu.. hitungan kasarnya sekitar 150juta termasuk malam bainai..

      Semoga membantu, sukses ya dengan pernikahanmu

Leave a Reply

